gerak dapat didefenisikan sebagai perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain.
Pada umumnya anak memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan normal yang merupakan hasil interaksi banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.
Perkembangan anak merupakan suatu proses
tumbuh kembang yang seharusnya diperhatikan dengan istimewa oleh para
orangtuanya masing-masing. Dengan demikian, anak akan tumbuh dan
berkembang dengan memaksimalkan seluruh potensi yang dimilikinya.
1. Perkembangan Motorik Kasar.
Tugas perkembangan jasmani berupa
koordinasi gerakan tubuh, seperti berlari, berjinjit, melompat,
bergantung, melempar dan menangkap,serta menjaga keseimbangan. Kegiatan
ini diperlukan dalam meningkatkan keterampilan koordinasi gerakan
motorik kasar. Pada anak usia 4 tahun, anak sangat menyenangi kegiatan
fisik yang mengandung bahaya, seperti melompat dari tempat tinggi atau
bergantung dengan kepala menggelantung ke bawah. Pada usia 5 atau 6
tahun keinginan untuk melakukan kegiatan berbahaya bertambah. Anak pada
masa ini menyenangi kegiatan lomba, seperti balapan sepeda, balapan lari
atau kegiatan lainnya yang mengandung bahaya.
2. Perkembangan Gerakan Motorik Halus.
Perkembangan motorik halus anak taman
kanak-kanak ditekankan pada koordinasi gerakan motorik halus dalam hal
ini berkaitan dengan kegiatan meletakkan atau memegang suatu objek
dengan menggunakan jari tangan. Pada usia 4 tahun koordinasi gerakan
motorik halus anak sangat berkembang bahkan hampir sempurna. Walaupun
demikian anak usia ini masih mengalami kesulitan dalam menyusun
balok-balok menjadi suatu bangunan. Hal ini disebabkan oleh keinginan
anak untuk meletakkan balok secara sempurna sehingga kadang-kadang
meruntuhkan bangunan itu sendiri. Pada usia 5 atau 6 tahun koordinasi
gerakan motorik halus berkembang pesat. Pada masa ini anak telah mampu
mengkoordinasikan gerakan visual motorik, seperti mengkoordinasikan
gerakan mata dengan tangan, lengan, dan tubuh secara bersamaan,antara
lain dapat dilihat pada waktu anak menulis atau menggambar.